Cinta · Parenting

Rindu Ayah

14257639_10208900374858278_2511718208468308527_o
Syawal Zaid Izdihar (Credit by: Deddy Sussantho)

Tiga tahun… Tak menulis sama sekali… Terakhir, nulis naskah ala ala Sulawesi..  Alhamdulillah, seperti hujan di kering kerontangnya daratan, dapat dukungan dari “My Lovely” untuk kembali menulis, dibuatin blog juga, setiap hari ditanya,”Hari ini sudah nulis?”


Ya.. Menulis… Mulai dari mana ya? Mulai dari apa saja dan dari mana saja.. Yuk, mari..



RINDU AYAH

Dulu, sewaktu aku kecil. Setiap sore hari, setelah pulang ngaji. Aku selalu melihat pagar di rumah, “Ibu, Bapak kapan pulang?” Lalu, ibu menjawab, “Nanti, malam.”

Menunggu kepulangan Bapak setelah kerja itu adalah kegiatanku setelah sholat maghrib. Rasanya, menunggu satu jam saja, serasa bertahun-tahun. Apalagi, kalau Bapak lembur atau ke luar kota. Astaghfirulloh, rasanya susah tidur dan nangis terus!

Nah, itu yang sekarang aku “masih” rasakan dengan situasi berbeda.

“Ayah pergi dinas ya, Nak. Jaga ibu ya. Nurut sama Ibu,” begitu yang dikatakan suamiku ke anakku.

Oke. Baru di pagar untuk pamit, anakku sudah nangis dan tadaaaaaa… apa yang terjadi? Seharian, semaleman, semenitan, sejaman, anakku tidak tidur. Nangis terus!

Aku ajak ngomong, “Kangen Ayah ya, Sayang?”

“He’eh,” celotehnya, seolah tanda mengiyakan.

Nyess… Aku harus bilang apa untuk menenangkannya seperti Ibuku sewaktu dulu ketika Aku selalu bertanya Bapak kapan pulang kerjanya (apa kabar anakku nanti kalau ditinggal Ayahnya ke Maluku? Hmmm… Hmmm… Hmm..).

Ya, itulah anak. Kalau Ayahnya tidak ada selalu dicari. Jika Ibunya tidak ada, juga dicari. Jika keduanya ada dan bermain bersama, rasanya bahagia tiada tara.

Ayah, kami selalu cinta. Semangat selalu, karena kami selalu rindu.
[Kedaung, 17 September 2016]

Sambil nonton video Dodo dan Syaamil

#dua cintamu- Aku dan Syawal

Leave a Reply

